Sunday, 5 February 2017

Macam-macam Turbin Berdasarkan Prinsip Kerjanya


Macam-macam turbin berdasarkan prinsip kerjanya sesuai kebanyakan manufaktur dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu: (1) impuls, (2) reaksi, dan (3) kombinasi impuls reaksi. Tegasnya, namun, semua turbin tergantung lebih atau kurang hanya pada keduanya baik impuls dan reaksi untuk operasinya.

Turbin impuls: Energi potensial yang terdapat pada uapnya dikonversi menjadi energi kinetik di dalam nosel atau laluan yang dibentuk oleh sudu-sudu diam yang saling berdekatan, dan di dalam sudu-sudu gerak, kemudian energi kinetik uap dikonversi menjadi energi mekanik.

Turbin impuls dan reaksi
sumber: mytech2u.blogspot.com
Turbin reaksi: Pada umumnya hanya sebagai turbin bertingkat saja. Turbin reaksi mengalami ekspansi baik pada sudu pengarah maupun pada sudu gerak sehingga mengerahkan dorongan pada sudu pada arah aksial. Untuk mengurangi dorongan aksial ini, adalah dengan memasang sudu-sudu gerak pada drum yang juga berfungsi sebagai rotor. Sudu-sudu pengarah dipasang pada stator turbin.
turbin reaksi
sumber: idahospudsblog.blogspot.com


Turbin kombinasi impuls-reaksi: Adalah jenis turbin terbanyak yang dipakai, teridiri dari tingkat pertama yang bekerja pada prinsip impuls (tingkat Curtis) yang selanjutnya diikuti oleh sejumlah tingkat reaksi. Tingkat pertama itu dapat berupa gabungan kecepatan baris-tunggal ataupun banyak baris. Pemakaian tingkat impuls (pengatur) dengan tingkat kecepatan memungkinkan untuk memanfaatkan penurunan kalor yang besar pada nosel dan oleh sebab itu membantu dalam mendapatkan temperatur dan tekanan yang lebih rendah pada tingkat selanjutnya yaitu tingkat reaksi. Pemakaian tingkat impuls, yang beroperasi dengan penurunan kalor sebesar 40 sampai 60 kkal/kg atau lebih, memungkinkan untuk mengurangi jumlah tingkat reaksi. Jadi turbin gabungan impuls reaksi adalah sederhana pada konstruksinya dan lebih mudah pembuatannya. Selain itu, turbin juga dapat diklasifikasikan berdasarkan maksud layanannya, arah uap mengalir, dan metode transmisi (driving method)


Ref: Shlyakin, P.. 1990. TURBIN UAP: Teori dan Rancangan. Jakarta: Erlangga.
Steam Power Plant Engineering
loading...

SHARE THIS

Author:

0 komentar: